#
WILUJEUNG SUMPING DI SITUS ABDI

Selasa, 04 Agustus 2009

"Mirong"

by : Cah Kangkung

Di sebuah desa (Cikakak) ada satu nama makanan yang sangat unik, yang mungkin bagi orang kota mah cukup aneh untuk didengar, sebut saja mirong. Sebuah nama yang entah lah apa artinya, yang sampe sekarang penulis pun tidak mendapat keterangan mengapa disebut mirong.


Mirong merupakan salah satu makanan khas bagi masyarakat di sekitar kali cisanggarung, tidak terkecuali masyarakat desa Cikakak. Mirong berbahan dasar ikan asin yang di lapisi tepung terigu dan diracik dengan bumbu2 masakan yang sangat apik, sehingga rasanyapun enak dan gurih. Bentuk makanan ini seperti rempeyek yang sudah dikenal oleh orang-orang di seluruh pelosok nusantara.


Bagi kebanyakan masyarakat desa Cikakak nama makanan ini tidak asing karena merupakan makanan favorit sebagai lauk dalam setiap santap makan. Dari salah seorang sumber menyebutkan bahwa "mengapa mirong menjadi makanan favorit adalah karena rasanya enak, dan gurih, mengandung protein tinggi, selain itu harganya pun dibilang sangat murah". Satu buah mirong dihargai Rp 250, 00. Harga tersebut sangat memungkinkan untuk dijangkau oleh semua kalangan dari bawah hingga kalangan orang elit, tidak sebanding dengan harga gorengan di jakarta yang harganya cukup mahal (Rp 500,00/buah).

Menurut sumber lain, menyebutkan bahwa mirong yang paling enak dan gurih di desa Cikakak adalah mirong Ibu Sri (nama panggilan). Keunggulan dari mirong Ibu Sri adalah rasanya renyah tidak keras, enak dan gurih, berprotein tinggi, berbahan ikan asin segar serta harganya yang tidak merogoh kocek dalam-dalam alias murah. Bagi yang ingin merasakan enak dan gurihnya mirong Ibu Sri silahkan datang aja ke Desa Cikakak, Kec. Banjarharjo, Kab. Brebes.

Mirong sangat cocok untuk makan bersama dengan dibarengi nasi timbel, lalab-lalaban, sambel terasi/goreng, serta minumannya air teh anget, waduuuuuuh enak banget deh rasanya...... Apalagi kalo makannya di sawah dengan suasana pemandangan alam yang sangat indah, lengkap sudah kenikmatan yang Allah SWT berikan, subhanallah........





0 komentar:

Posting Komentar

Cikakak, Banjarharjo, Brebes