#
WILUJEUNG SUMPING DI SITUS ABDI

Senin, 03 Agustus 2009

"MY CITY (CIKAKAK, BANJARHARJO, BREBES)"

by : Cah Kangkung

Cikakak adalah nama desa yang cukup kesohor, yang terletak di bagian barat kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Terletak sekitar 50 km dari Cirebon kearah timur dan sekitar 40 km dari Brebes kearah barat. atau sekitar 25 km dari Tanjung (pertengahan antara Cirebon - Brebes) kearah selatan memutar ke barat.

Sebagai desa yang terletak diwilayah transisi atau perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat, masyarakat desa Cikakak hidup dalam dua budaya yang berbeda, yaitu jawa dan sunda. Sebagian besar komunitas masyarakatnya merupakan etnis sunda, dengan budaya sunda yang kental dan bahasa sunda sebagai bahasa komunikasi sehari-hari, meskipun dialeknya berbeda dengan bahasa sunda pituin (Parahiangan). Meskipun ndeso, masyarakat desa ini masuk dalam kategori melek informasi yang cukup tinggi.

Sejarah awal penampakan desa ini tidak diketahui secara masif dengan tidak ditemukannya sumber tertulis yang pasti. Mata pencaharian pokok penduduknya adalah bertani, berdagang dan sebagian pekerja rantau musiman.

Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten : Brebes
Kecamatan : Banjarharjo
Kepala desa : Dria Wahana (2007 - 2013)
Luas : sekitar 150 ha
Jumlah penduduk : sekitar 7.500 jiwa
- Kepadatan : 50 jiwa / ha

* dari berbagai sumber




0 komentar:

Posting Komentar

Cikakak, Banjarharjo, Brebes